google6bd070d8ccaa9c6e.html
Butuh Bantuan? Customer Service Pusat Penjualan Kostum Anak Lucu siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Melalui Dongeng Dapat Mencerdaskan Anak

Melalui Dongeng Dapat Mencerdaskan Anak

Ditulis pada: 7 September 2017 | Kategori:

Melalui Dongeng Dapat Mencerdaskan Anak

Oleh : Miss Meli

Suatu hari, sepupu saya bersama suaminya mengajak dua ponakan melihat-lihat ke tempat penjual burung, mencari burung peliharaan. Tiba-tiba, Raffa si ponakan yang paling kecil melihat ibu ayam lalu dia nyeletuk,

“Te, Mbok Babon Te. ”

“Apa Fa? ”

“Tu. Mbok Babon. ”

“Oh.. ”

Karena tidak memahami, suami sepupu saya bertanya. “Mbok Babon apa? ”

“Itu lho, Mbok Babon. Wingi padha didongengi Tantene Meliy, pitik mbokan diarani Mbok Babon. ” (Kemarin didongengi Tantenya, Ibu ayam dinamai Mbok Babon.)

Sampai rumah, mereka cerita. Saya agak terkejut. Nyatanya si kecil Raffa yang kira-kira masih berumur kurang lebih tiga th., masih tetap ingat tokoh dongeng saya. Ini tandanya baik bahwa lewat dongeng, ternyata anak lebih gampang mengingat suatu hal. Karena untuk anak-anak dongeng lebih berkesan daripada saran yang berbentuk menggurui.

Manfaat Dongeng

Lantas saya searching mencari info mengenai faedah mendongeng untuk anak-anak. Nyatanya faedahnya begitu perlu. Serta keluar pertanyaan sekali lagi, mulai sejak kapan mendongeng baik dikerjakan? Nyatanya mendongengi mereka mulai sejak dalam kandungan begitu baik untuk perubahan janin. Jadi mulai sejak indra pendengaran mereka mulai berperan didalam kandungan, disarankan untuk beberapa ibu supaya seringkali mendongeng/menceritakan.

Dongeng yang teratur diberi bisa aktifkan simpul saraf. Makin banyak info yang mereka serap, simpul saraf (myelin) mereka juga akan makin aktif. Serta ini begitu baik untuk perubahan kecerdasan mereka. Untuk anak-anak di step golden age (1-5 th.) mendongeng begitu disarankan agar kecerdasan mereka berkembang dengan baik. Saat memijak dewasa, mendongengi saat anak-anak bisa memengaruhi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, serta ketahanan mental. Mereka dapat juga lebih sensitif. Bersamaan dengan perubahannya kepekaan bisa memengaruhi rasa menginginkan tahu, tekad ekploratif, sikap gawat, serta yakin diri. Itu berarti kecerdasan emosional, ketahanan mental, serta spiritual mereka makin terasah. Mereka akan tertarik untuk membaca.

Saat kuliah, saya miliki rekan yang menyukai sekali membaca. Bila telah pegang buku, konsentrasi di buku, ingin ada orang yang ribut bercakap di sebelahnya dia akan tidak perduli, saya hingga heran. Lain dengan saya yang gampang sekali pecah konsentrasinya. Usut miliki usut sesudah sekian kali narasi nyatanya saat kecil dia seringkali sekali didongengi nenek serta ibunya. Memijak umur sekolah mulai sejak dapat baca, dia seringkali di ajak ibunya ngajar, dia duduk di kursi ibunya, sesaat ibunya mengajar dimuka kelas. Diapun anteng saja karna ada setumpuk buku narasi yang semacam dengan dongeng-dongeng yang umum didongengkan nenek serta ibunya. Rutinitas mendongeng nyatanya dapat mendorong anak untuk suka membaca serta menginginkan tahu semakin banyak info.

Mendongeng dapat dikerjakan dengan adanya banyak langkah, bukan sekedar sebatas membacakan mereka buku narasi, namun dengan dipadukan gambar jadi alat peraga serta lagu jadi selingan juga akan makin menarik perhatian mereka. Kontak mata dengan mereka penting juga. Untuk kirim transmisi ketulusan orangtua agar berlangsung ikatan batin. Ketulusan menceritakan jadi ungkapan kasih sayang serta perhatian. Saat menjelaskan narasi, bila dapat mengarang dongeng sendiri, dapat lebih gampang serta lancar menjelaskannya dari pada ambil narasi dari buku atau internet.

Mendongeng Sekalian Memperkenalkan Cerita Rakyat serta Tembang Dolanan

Indonesia miliki banyak narasi serta folklore yang belum juga diarsipkan. Narasi rakyat memiliki kandungan pesan moral serta pendidikan ciri-khas buat mereka. Untuk yang tinggal di Jawa, lagu-lagu dolanan Jawa sangat banyak, ada gajah-gajah, jamuran, suwe ora jamu, nonton wayang, menthok-menthok, bocah dolan, padang mbulan, lir-ilir, ande-ande lumut serta banyak sekali lagi. Di dalamnya banyak pesan moral. Mereka mungkin saja tidak memahami makna lagunya namun itu jauh tambah baik daripada lagu-lagu dangdut maupun lagu-lagu orang dewasa. Bila dapat mengarang dongeng, lantas mendongengi mereka dengan diselipi lagu dolanan tidakkah menarik?

Mari mendongeng untuk anak Indonesia. Masa depan mereka di tangan orangtua, serta perubahan pendidikan di Indonesia tergantung pada guru – gurunya. Selamat mendongeng. Mari beri yang paling baik untuk anak Indonesia.

Melalui Dongeng Dapat Mencerdaskan Anak | Kostum Anak Lucu

Tags: Melalui Dongeng Dapat Mencerdaskan Anak

Belum ada Komentar untuk Melalui Dongeng Dapat Mencerdaskan Anak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Terbaru

Cerita Pasutri Muda Punyai 13 Anak, Semuanya Tidak Sekolah

Cerita Pasutri Muda Punyai 13 Anak, Semuanya Tidak Sekolah Ditulis pada: 23 October 2017

Arti ” banyak anak banyak rezeki ” tidak terus-terusan jadi semboyan orang-tua jaman dahulu. Kenyataannya, masih tetap ada ortu milenal yang mengaplikasikannya, yakni keluarga Cheriatna. Dengan istri terkasih, pria kelahiran th. 1974 ini hidup bahagia dengan keluarga besarnya. Buah hati... Baca selengkapnya »

5 Alasan Sepele Penyebab Anak Sulit Makan

5 Alasan Sepele Penyebab Anak Sulit Makan Ditulis pada: 23 October 2017

Anak sulit makan senantiasa jadi problema beberapa Ibu. Masalah ini sering berlangsung saat anak-anak masuk umur perkembangan awal yakni 1-5 th., dimana permainan serta jajanan lebih menarik daripada makanan pokok. Anak malas menggunakan atau memakan makanannya bukanlah bermakna ia tidak... Baca selengkapnya »

Ajarkan Kelola Emosi Mulai sejak Awal Hindarkan Anak dari Masalah Jiwa

Ajarkan Kelola Emosi Mulai sejak Awal Hindarkan Anak dari Masalah Jiwa Ditulis pada: 23 October 2017

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Barat, Merry Yuliesday, menyebutkan perlunya memberi evaluasi mulai sejak awal pada anak dalam mengelola emosi bisa hindari penyakit masalah jiwa. Ia menyebutkan penyakit masalah jiwa ini dapat dijauhi lewat cara memanajemen emosi mulai sejak kecil,... Baca selengkapnya »

4 Kebiasaan Aneh Anak Perempuan di Mata Anak Laki laki

4 Kebiasaan Aneh Anak Perempuan di Mata Anak Laki laki Ditulis pada: 23 October 2017

Anak perempuan miliki kebiasaan yang tidak umum dikerjakan anak lelaki. Kebiasaan ini sering kali dilihat aneh oleh anak lelaki. Seperti Anda yang miliki anak perempuan. Terdapat banyak rutinitas anak perempuan yang mungkin saja buat saudara lelakinya jadi menghina atau menertawakannya.... Baca selengkapnya »

Ini Dampak Buruk Apabila Orang-tua Seringkali Berteriak Memarahi Anak

Ini Dampak Buruk Apabila Orang-tua Seringkali Berteriak Memarahi Anak Ditulis pada: 23 October 2017

Berteriak pada anak memanglah wajar dilakukan orang-tua. Umumnya beberapa orang-tua mengerjakannya waktu anak-anak buat kekeliruan atau waktu mereka berulah. Tetapi nyatanya, aksi itu bisa memberi dampak negatif pada anak. Merilis David Wolfe, Rabu (4/10/2017), waktu orang-tua berteriak hal semacam ini... Baca selengkapnya »